Pameran Mart Design Magenta – Yudisium STMK Trisakti 2017

STMK Trisakti mendapat kesempatan untuk melakukan pameran karya tugas akhir dengan kurasi karya terbaik dan memenuhi syarat untuk di pamerkan kepada publik, pada kesempatan kali ini STMK Trisakti mendapatkan lokasi yang sangat strategis didalam kerumunan hiruk-pikuk didalam suasa perbelanjaan Mall Of Indonesia 23 - 27 Oktober 2017, STMK Trisakti berpartisipasi dalam ajang pameran yang di beri nama Mart Design Magenta dimana didalamnya terdapat karya tugas akhir mahasiswa.

From Zero to Hiro | Entrepreneurial Day 2017

Tim Hiro yang diwakili oleh Rico Azhari Susilo, Alexander Candra, dan Fatika Sari berhasil lolos menjadi juara dengan ide bisnisnya yaitu hirobox.co, Hirobox adalah website perpustakaan digital berisi buku-buku interactive untuk anak, yang diharapkan dapat menjadi solusi kurangnya konten positif dan edukatif bagi anak, serta meningkatkan minat baca anak khusunya di Indonesia.

Bicara Soal Media Komunikasi

Dalam rangka Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) di SMA Mardi Waluya Cibinong, Sekolah Tinggi Media Komunikasi Trisakti (STMK Trisakti) diundang untuk mengisi salah satu rangkaian acara yang diadakan oleh SMA Mardi Waluya Cibinong. Diminta untuk menjadi pembicara, Ketua STMK Trisakti Bapak Stephen Budiman Ng membawakan materi yang fresh bagi para peserta MPLS. Yaitu, mengenai media komunikasi, mulai dari foto dan video yang beraneka ragam, hingga kumpulan iklan yang unik, semua dirangkum menjadi sebuah materi yang mengundang rasa penasaran para peserta MPLS di SMA Mardi Waluya Cibinong.

Acara yang berlangsung pada hari Kamis, 21 Juli 2016 itu diikuti oleh 176 calon siswa SMA Mardi Waluya Cibinong yang rata-rata berasal dari Kota dan Kabupaten Bogor. Diadakan selama satu minggu berturut-turut, acara ini diharapkan dapat menjadi kesan awal yang positif bagi calon siswa SMA Mardi Waluya Cibinong. “Tidak ada buli-bulian lagi” ujar Ibu Lusia sebagai Ketua MPLS SMA Mardi Waluya Cibinong.

Bapak Stephen selaku pembicara, menyampaikan mengenai mengapa sebuah merek (brand) harus melakukan komunikasi kepada konsumennya, jenis-jenis media yang dipakai oleh merek (brand) untuk berkomunikasi, hingga pesatnya perkembangan media komunikasi yang hingga saat ini sudah mencapai era augmented reality dan virtual reality. ”Pesan utama yang disampaikan dalam berkomunikasi, harus bisa relevan, orisinal dan memiliki dampak” ujar Bapak Stephen kepada para peserta MPLS SMA Mardi Waluya Cibinong.

Ada yang merasa tertarik, dan adapula yang kebingungan. Itulah kesan yang didapatkan setelah selesai acara. Alwen, salah satu peserta MPLS mengatakan bahwa dirinya tidak menyadari bahwa media komunikasi sudah semakin canggih, “Keren, saya belum tahu kalau sudah secanggih itu, saya jadi tertarik!” kata Alwen. Salah seorang calon siswi SMA Mardi Waluya Cibinong yang bernama Marlin pun mengatakan bahwa dirinya mengira merek hanya berkomunikasi lewat surat kabar, poster, atau media konvensional lainnya. “Saya kaget ketika melihat iklan yang menggunakan augmented reality, keren banget!” ujarnya.

Setelah selesai acara di hari ke-4 ini, para pesera MPLS akan diboyong ke Sentul, untuk menjalani masa pengenalan Dewan Ambalan Pramuka SMA Mardi Waluya Cibinong. “Kita akan berkemah disana selama dua hari” ujar Evan Delius, Ketua Dewan Ambalan SMA Mardi Waluya Cibinong. Melalui acara MPLS yang terorganisir, diharapkan kesan negatif awal masuk sekolah akan hilang, apalagi jika sekolah tinggi atau universitas turut mengambil peran dalam meluruskan cara pengenalan sekolah. Minat siswa akan terbentuk sejak awal sehingga akan meminimalisir adanya kegiatan negatif yang dilakukan oleh siswa SMA. Pihak SMA Mardi Waluya Cibinong sangat berterima kasih atas kesediaan STMK Trisakti mengisi acara, diharapkan STMK Trisakti juga dapat turut berpartisipasi dalam acara edu fair untuk siswa kelas 12 yang akan segera diselenggarakan oleh SMA Mardi Waluya Cibinong. (rc) 

Pelatihan & Pengembangan Kewirausahaan

Kementerian Ketenagakerjaan Republik Indonesia Direktorat Jenderal Pembinaan Pelatihan dan Produktivitas, Balai Besar Peningkatan Produktivitas, Yayasan ANTARA Anak Tanah Nusantara dan Puslitdimas STMK Trisakti berkolaborasi mengadakan pelatihan yang ditujukan untuk peningkatan, pengembangan dan pengaplikasian desain komunikasi visual. Pelatihan berlangsung dari 17 - 21 November 2015.


SUARA JERNIH DARI CIKINI

Pidato Kebudayaan Dewan Kesenian Jakarta (DKJ) merupakan pro­g­ram tahunan DKJ bersama Pusat Kesenian Jakarta Taman Ismail Marzuki (PKJ-TIM). Tradisi yang diselenggarakan sejak 1989 sebagai bagian pe­rayaan ulang tahun TIM ini, setiap tahun mengundang tokoh nasional untuk mengupas persoalan penting dan aktual. Para pembi­cara berusaha menjawab tantangan yang tengah melanda bangsa Indonesia dengan pemikiran-pemikiran jernih dari perspektif kebudayaan.

Seize Your Bright Future Now!

Hari ini, Mediakom Trisakti sangat beruntung mendapat kesempatan untuk belajar dari Ibu Maya. 

Dikutip dari website pribadinya, Meisari Arvini Hidayati, atau Maya Arvini, biasa dipanggil Maya adalah penerima beasiswa dari Exxon Mobile dan Sampoerna Foundation. Maya adalah lulusan cum laude double degree Fakultas Pertanian dan Fakultas Ekonomi Universitas Padjadjaran, serta lulusan terbaik Magister Manajemen Universitas Indonesia tahun 2005. Tidak hanya gemar belajar, Maya juga aktif di berbagai organisasi seperti Senat Mahasiswa, Himpunan Mahasiswa dan Koperasi Mahasiswa. Sejak usia belia Maya banyak menorehkan prestasi di bidang akademis dan langganan menjadi Juara Umum di sekolah, Juara DKI Jakarta Kompetisi Matematika, Fisika dan Kimia serta Juara Nasional Cerdas Cermat.

Maya meniti karir di perusahaan TI terbesar di dunia yaitu IBM Indonesia dan Microsoft Indonesia. Selama berkarir, Maya secara konsisten memberikan performa terbaiknya terbukti dengan mendapat banyak penghargaan baik di tingkat nasional maupun Internasional antara lain, Young Women Future Business Leader dari Majalah SWA, Share Fighter Award dari Microsoft Asia Pacific, Best ASEAN Sales Representative dari IBM ASEAN dan IBM Golden Circle Award sebagai penghargaan tertinggi dari IBM International / worldwide untuk karyawan berprestasi.

Selama menjabat sebagai Head of Product – Application Platform di Microsoft Indonesia, Maya mampu mengembangkan skala bisnis yang dikelola menjadi 200%, tumbuh jauh lebih cepat dari para pesaingnya. Saat ini, diusia yang masih muda, Maya menjabat sebagai General Manager dan mendapat kepercayaan untuk mengelola unit-unit bisnis dari Grup Gunung Sewu.

Maya memiliki hobi membaca, berolahraga dan travelling. Selain sebagai penulis dari buku “Career First”, Maya juga aktif menulis sebagai Kontributor Kaskus di sub forum profesi, memberikan ceramah dan seminar serta menjadi mentor (young on top dan Keluarga Besar Sampoerna) bagi anak-anak sekolah dan mahasiswa.

Young On Top Catalyst Campus Roadshow

"From Networking to Success" was the topic of the event. Delivered by Bunga Mega and Anggia Silalahi, students were encouraged to start taking the path to networking.

Bunga Mega is the founder & CEO of CeweQuat. She is really passionate into education to employment. She is also known as book author, public speaker & eduprenuer.

Anggia Silalahi (Anggi) is a certified personal trainer, a fitness consultant and founder of  'The New Habit'.

This event was attended by students from Mediakom Trisakti, University of Indonesia, University of Tarumanagara, and many more.